Kamis, 12 Juli 2018

Bak Oli untuk Motor
Ganti oli merupakan salah satu aktivitas rutin yang harus dilakukan. Dalam buku panduan kendaraan, selain dijelaskan bagaimana spesifikasi oli yang dibutuhkan, oli mesin pun disarankan untuk diganti setelah sepeda motor menempuh jarak 2500-3000 km.
Bagaimana untuk motor yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Apakah catatan waktu pergantian oli atau oil refreshment ini harus tetap dilakukan sesuai dengan buku panduan, yakni setelah menempuh jarak 2500-300 km?
Ganti oli wajib dilakukan secara rutin, meskipun motor Anda jarang digunakan atau belum menempuh jarak minimal (2500 km). Alasannya, setelah masuk ke dalam mesin, oli akan tercampur dengan komponen mesin, dan bisa jadi diantaranya adalah kerak, bubuk gram dan lainnya.
Cuma bedanya, jika motor yang biasa digunakan waktu pergantian olinya ditentukan oleh jarak tempuh. Maka motor yang jarang digunakan (lama disimpan), oli masih wajib diganti sesuai dengan waktu simpan motor tersebut, yakni per 6-12 bulan.
Pastikan Motor Dipanaskan Setiap Hari
Meskipun jarang digunakan, bukan berarti motor tersebut boleh dibiarkan begitu saja. Justru sebaliknya, motor yang lama disimpan dan tidak pernah dipanaskan, lebih mudah rusak ketimbang motor yang rutin digunakan, tapi dirawat secara teratur.
Makanya, sangat disarankan untuk memanasi motor setiap hari. Caranya, nyalakan motor dengan menggunakan kick starter untuk mengurangi beban dinamo starter. Setelah menyala, biarkan mesin dalam kondisi menyala selama 1-2 jam.
Selain dengan memanasi motor secara rutin, ada beberapa hal lainnya yang wajib Anda lakukan untuk merawat motor yang tidak pernah digunakan, yakni :
  1. Simpan motor di tempat yang kering (tidak lembab).
  2. Simpan motor menggunakan standar tinggi (bukan standar parkir).
  3. Jika ingin disimpan atau ditinggalkan dalam waktu lama, kuras tangki bensin motor Anda.
Jangan lupa, bersihkan motor secara berkala, minimalnya wajib di-lap menggunakan lap kering dan lembut. Sebagai alternatif, Anda pun bisa menyingkirkan debu yang menutup permukaan motor dengan menggunakan kemoceng. Selamat mencoba!

Sumber ; https://www.suzuki.co.id/tips-trik/kapan-ganti-oli-yang-tepat-untuk-motor-yang-jarang-dipakai

0 komentar:

Posting Komentar

Suzuki Motor Manado. Diberdayakan oleh Blogger.

Silahkan Like dulu Bro and Sis

Popular Posts

Blog Archive