Rabu, 07 September 2016

Kenapa Pengguna Motor Injeksi harus lebih memperhatikan Battery (AKI)...!!!
By ; RAR Suzuki Motor Manado


Al New Satria Fi Predator
Suzuki motor manado lovers, Kenapa sih battery dari motor injeksi harus mendapatkan perhatian lebih khusus  ketimbang motor dengan teknologi terdahulunya karbu??, eits yg terpenting tidak melebihi perhatian kepada pasangan, nanti pasangan nya abis daya lagi buat suzuki lovers...
Yups...kali ini mimin ingin sedikit membagi ilmu yg mimin dapat dari Mekanik serta artikel-artikel yg sudah membahas keunggulan/kelebihan motor dengan teknologi injeksi!!!
Battery atau dalam bahasa Manado nya aki motor yaitu mengalirkan arus listrik ke komponen-komponen yg membutuhkan/tegangan arus listrik, seperti ; switch stater,klakson,Busi,weser (lampu sein),lampu rem belakang dll. Nah untuk penggunaan aki di jaman motor dengan teknologi karburator aki hanya bekerja pada beberapa komponen yg membutuhkan arus listrik, sedangkan dengan adanya teknologi terbaru yaitu Injeksi dimana salah satu manfaat nya adalah pengurangi POLUSI UDARA dari knalpot kendaraan yg di keluarkan ketika kendaaraan dihidupkan.
Satria punya Cerita
Dengan sistem teknologi injeksi, bahan bakar yg dicampurkan dengan udara dengan takaran yg tepat sehingga meminimalisir bahan bakar yg tidak tercampur/terbuang karena tidak terbakar yg berakibat pada kotornya udara di lingkungan sekitar kita tinggal. Adanya Teknologi Injeksi membantu Pemerintah untuk sosialisasi dari sisi kendaraan yg ramah lingkungan dan dari konsumen mengguntungkan karena terbantu dengan teknologi injeksi dimana untuk perawatan yg lebih mudah serta apabila terjadi kerusakan mudah untuk terdektesi oleh sensor-sensor yg telah terpasang pada motor injeksi.
Nah untuk menjalankan sensor-sensor yg ada pada motor dengan teknologi injeksi membutuhkan sekali teganggan/arus listrik karena sistem injeksi menggunakan ECM (Engine Control Module) terlebih untuk motor injeksi Suzuki All New Satria F150 Fi yg sebagaian besar telah mengadopsi sensor-sensor di Motor Gede Suzuki seperti SUZUKI GSX-R1000 dimana untuk sensor Fufi itu berjumlah 9 sensor.
Sensor-sensor All New Satria F150 Fi
Apa saja sensor yg ada di All New Satria F150 Fi ;
1. Sensor O2 : Berfungsi mendeteksi oksigen/hasil pembakaran di saluran exhaust dan untuk menekan emisi gas buang sehingga ramah lingkungan.
2. IAPS (Intake Air Pressure Sensor) : Mendeteksi perubahan tekananan udara didalam intake manifold.
3. IATS (Intake Air Temperature Sensor) : Mendeteksi suhu udara yg masuk kedalam intake manifold.
4. TPS (Trottle Posistion Sensor) : Mendekteksi sudut bukaan katup trottle.
5. ECTS (Engine Coolant Temperature Sensor) : Bertugas mendeteksi temperature silinder serta juga  berfungsi untuk mendeteksi panas yg berlebihan.
6. CPS (Crank Shaft Position Sensor) : Sebagai sensor utama untuk menentukan ignition timing (waktu pengapian) dan Rpm mesin.
7. TIP Over : Sensor untuk mendeteksi kemiringan sepeda motor hingga maksimal 65 derajat.
8. ECM (Engine Control Module) : Mematikan kerja mesin dengan memutus kerja iginitionn coil, fuel pump dan injektor.
9. Speed Sensor : Untuk memberikan informasi kecepatan pada speedo meter.
10. Sensor Alarm : Untuk memberikan tanda/sinyal serta dapat memutus/menghentikan kerja mesin dari kelistrikan (khusus Satria Injeksi yg menggunakan Alarm, tipe tertentu).
Sistem Injeksi All New Satria F150 Fi
Dengan sensor-sensor seperti ini tentunya Suzuki All New Satria F150 Fi membutuhkan aki (battery) yg prima sehingga supplai arus listrik di setiap sensor-sensor tersebut dapat berfungsi dengan masksimal dan dampaknya pada Tenaga,Akselarasi dan Top Speed yg sudah terbukti dengan serangkaian uji coba yg telah dilakukan/diselenggarakan baik oleh pihak pabrikan sendiri, para awak Media,Pembalap maupun Konsumen Fufi sendiri...


Untuk mensupport Teknologi Injeksi itu maka Suzuki All New Satria F150 Fi dipersenjatai dengan Battery (Aki) yang prima. Buat para Suzuki Lovers yang belum pada tahu sih Volt Aki Motor yg dipakai!? nie mimin kasih pencerahannya, biar tahu dan sekalian cara perawatannya bisa di link ini http://www.suzukimotormanado.com/2016/05/tips-merawat-aki.html , untuk Volt dari Aki yg beredar pada umumnya adalah 12 Volt. All New Satria F150 Fi memakai Aki 12 Volt dengan 6 Amper, Aki yg prima itu memiliki Voltage pada 12,50, sedangkan Aki yg rusak itu berada pada 10.05 Voltage ke bawah dan Aki yg masih bisa di chars itu pada 10.05 Voltage keatas.
Masukan aja buat Suzuki Lovers untuk yg punya motor injeksi seperti ; Suzuki Address fi, Suzuki All New Satria F150 Fi (lebih khusus untuk pengguna type Alarm+USB Charge),dll, untuk setiap melakukan service atau setiap bulannya untuk cek Voltage Aki di Bengkel-bengkel Resmi Suzuki, agar tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli Aki baru karena Aki nya sudah tidak bisa di charge lagi,mending uangnya dipake untuk traktiran pasangan Suzuki Lovers...
Nah...sudah pada tahukan kenapa Aki (Battery) itu perlu perawatan/perhatian khusus buat motor dengan Teknologi Injeksi, karena berbagai sensor yg harus di support oleh aliran listrik, Maklum kan Teknologi nya Diadopsi dari Motor Gede Suzuki yg digunakan di Benua Eropa sana...hehehehehe
#NyalakanNyali #BeraniDiAdu
#SulawesiUtara #OtomotifRodaDua

sumber : Teddy Kasangke, http://autorevindonesia.com/2016/03/07/membongkar-rahasia-suzuki-all-new-satria-f150/ 

1 komentar:

  1. Kalo suzuki satria f fi dipasang lampu bohlam emang gak cocok ya bang? Soalnya yg ane putus terus dan refkeltor nya meleleh, kepanasan, itu apa karna kelistrikan fu fi yg besar atau apa ya bang?

    BalasHapus

Suzuki Motor Manado. Diberdayakan oleh Blogger.

Silahkan Like dulu Bro and Sis

Popular Posts

Blog Archive