Senin, 08 Agustus 2016

THE ENCHANTING TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL 2016

Salah satu peserta TIFF Pemkot Kota Tomohon sebagai tuan rumah
Sejak event Tomohon Flower Festival (TOF) digelar pada tahun 2008 di Kota Bunga Tomohon Sulawesi Utara, Event dengan nuansa bunga warna-warni yang dihiaskan pada kendaraan roda 4 (mobil), cukup banyak menarik minat turis mancanegara maupun dalam negeri untuk datang secara langsung melihat proses pembuatan dan menonton langsung pawai kendaraan yang telah di hiasi dengan berbagai macam bunga dan warna-warna yang menarik mata para turis maupun masyarakat lokal yang melihat secara langsung. Festival Flower juga diikuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD se-Indonesia serta beberapa Negara-negara di Asean dan Eropa mengambil kesempatan tersebut untuk memperkenalkan Negara mereka dengan Lambang-lambang Negara. Tomohon Flower Festival juga bagian dari penunjang Program Pemerintah dibagian Pariwisata yaitu Wonderful Indonesia menujua peningkatan arus kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara dan untuk mempromosikan segenap potensi daerah di seluruh Indonesia, Maka Pemerintah Kota Tomohon akan menyelenggarakan kembali Event tersebut dengan nama Tomohon International Flower Festival (TIFF) di tahun 2012 sampai sekarang yang digelar pada 8 Agustus 2016. 
TIFF 2008 Lapangan eks Rindam Tomohon

Meski tergolong mungil, Kota Tomohon rupanya cukup tenar di kalangan turis. Ini karena sejak 2008, Kota Tomohon di Sulawesi Utara tersebut menjadi tempat digelarnya festival bunga kelas dunia yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Pada awalnya, festival ini digelar 2 tahun sekali yaitu 2008, 2010, 2012, dan 2014. Namun mulai pada tahun 2015, pemerintah mencanangkan TIFF sebagai agenda tahunan yang bisa dinikmati wisatawan.


Tema yang diusung pada TIFF tahun ini adalah “ENCHANTING TOMOHON”, dimulai oleh penampilan Tari Tarian Adat serta Drum  Band. 
Salah satu Peserta Pawai Bunga dari Negara Japan
Diawali oleh Drum Band Kota Tomohon
Acara yang paling ditunggu, tentu saja adalah Tournament of Flowers alias pawai bunga. Tournament of Flowers dan Flower Fashion Carnival start dari eks Rindam Kakaskasen Finish di Stadion Babe Palar Walian. Selanjutnya dilanjutkan dengan berbagai acara  yang telah disiapkan oleh PEMKOT TOMOMOHON seperti ;
– Dinner (Belakang Panggung Utama).
– Panggung Hiburan.
– Kebaktian Kebangunan Rohani.
– Festival Kuliner (Belakang Panggung Utama).
– Pembukaan Pameran (Tourism, Investment, and Floriculture Expo) dan Pegelaran Seni Budaya Nusantara (Kolaborasi Musik Etnik feat. Musik Kontemporer) Stadion Babe Palar Walian.

Ada lebih dari 30 kendaraan dihias bunga dengan indah, 4 Kendaraan di antaranya berasal dari negara tetangga seperti ; Australia, Singapura, Jepang, Tiongkok, serta dari Sekretariat ASEAN. Tak sedikit turis yang berderet sepanjang jalan untuk melihat dan memotret kendaraan berhias bunga yang menarik perhatian tersebut.

Ada tiga agenda utama dalam festival ini yaitu Tournament of Flowers, Kontes Ratu Bunga, Pameran Bunga/Holtikultura dan Pagelaran Seni Budaya Nusantara.

KONTES RATU BUNGA
 
Para peserta Kontes Ratu Bunga beberapa waktu lalu
Kontes bertaraf Nasional yang akan menjaring para putri terbaik se-Indonesia, yang memiliki bakat dan kemampuan serta rasa cinta akan bunga, sehingga mampu menjadi Duta yang mempromosikan pariwisata melalui bunga;

Kontes bertaraf nasional ini diikuti putri dari berbagai provinsi di Indonesia, yang memiliki bakat dan kemampuan serta rasa cinta akan bunga. Finalis Kontes Ratu Bunga 2015 lalu berasal dari berbagai daerah antara lain Denpasar, Ambon, Gorontalo, Manado, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Sitaro, Kota Manado dan tentunya Kota Tomohon.

PAMERAN BUNGA/FLORIKULTURA
Eksebisi bunga yang akan menampilkan kekayaan florikultura dalam beragam desain unik dan menarik;

PAGELARAN SENI BUDAYA NUSANTARA
Tarian Kabasaran
Pagelaran Seni dan Budaya yang akan menampilkan kekayaan Nusantara melalui ragam seni dan budaya dari berbagai daerah, baik di Sulawesi Utara maupun Indonesia secara keseluruhan.

#TomohonInternationalFlowerFestival #TIFF2016
#SuzukiMotorManado #SulawesiUtara #KotaBungaTomohon
#NyalakanNyali #BeraniDiAdu



0 komentar:

Posting Komentar

Suzuki Motor Manado. Diberdayakan oleh Blogger.

Silahkan Like dulu Bro and Sis

Popular Posts

Blog Archive