Sabtu, 14 Mei 2016


CARA MERAWAT AKI KERING PADA MOTOR INJEKSI

Buat bro n sis yang punya motor Satria injeksi, bro n sis harus mengenali betul karakter mesin kendaraan yang bro pakai beserta fitur-fiturnya. Jika bro menggunakan alarm pada Satria injeksi bro, maka yang paling penting adalah betul-betul memperhatikan kondisi aki kering si Fufi milik bro. karena aki merupakan unsur penting penyuplai kelistrikan pada motor injeksi terlebih lagi alarm sebagai pengaman motor bro, yang bikin bro tenang parkir dimana saja,  juga membutuhkan daya yang juga bersumber dari aki. Sebelum kita masuk ke tips perawatan aki, kita kenali fakta umum satria injeksi sebagai berikut :
  1. Bermesin Overbore-shortstroke engine
  2. Mesin injeksi berkompresi tertinggi dikelasnya dilengkapi sensor-sensor
  3. Menggunakan safety alarm (pada varian tertentu) 
Nah, tiga fakta tadi menggambarkan bagaimana teknologi satria, membutuhkan aki yang prima tersebut, ribet gak? ya, ribetlah. tentunya sebagian kita akan berpikir mending balik ke teknologi karbu, gak susah. aki rusak, motor mogok tinggal dorong.... hehehe kalau begitu kita akan ketinggalan terus bro,... karena teknologi injeksi adalah salah satu solusi mendasar agar standar emisi gas buang EURO 3 dapat terpenuhi. apalagi nih, teknologi dibuat untuk mempermudah hidup kita, kan? bukan malah sebaliknya, menyusahkan. Sebenarnya motor injeksi mudah perawatannya, kok, yang terpenting adalah memperhatikan 3 hal :
  1. Aki sebagai Sumber Kelistrikan
  2. Bahan Bakar yang dipakai
  3. Injector
Kali ini mimin akan membahas poin pertama yaitu aki, jika aki dayanya lemah atau rusak, maka pada kebanyakan motor injeksi , bro harus dorong sampai dapat bengkel terdekat, karena mesin gak akan bisa hidup sama sekali walaupun distarter sekalipun. capek laah,... naaah, si satria Fufi ini punya rahasia, tanpa aki, masih bisa dihidupkan dengan menggunakan starter kaki, walaupun butuh tenaga yang ekstra gede karena tekanan kompresi yang sangat tinggi. boleh dicoba bro,... mimin dan kawan-kawan Suzuki motor Manado sudah coba. biar gak capek capek dorong ditengah jalan atau keringatan starter motor, berikut tips perawatan aki agar awet dan bisa bertahan lama, lumayan kan duit ganti akinya bisa dipakai buat modifikasi atau traktir pacar makan martabak manis di Markobar??

Berikut fakta umum yang mimin ketahui tentang aki kering :
  1. Aki akan stabil pada kisaran 12,5 Volt 
  2.  Pada kisaran 10, 5 volt ke bawah, aki kering sudah dikategorikan rusak karena kemungkinan besar sudah tidak mampu lagi menyimpan daya cadangan.
  3. Jika dalam kondisi diam/tidak aktif, aki cenderung akan mengalami penurunan voltase dengan sendirinya sebesar rata-rata 0,5 Volt per bulan, jika kondisi cuaca ektrem (panas/dingin) penurunan voltase cenderung lebih besar. 
  4. Aki cenderung akan melakukan re-charging secara normal pada putaran RPM 2500 ke atas baik dalam keadaan diam maupun berjalan. Walaupun dengan putaran rpm di bawah itu aki akan tetap mengisi, namun cenderung kurang maksimal, daya yang terpakai mungkin akan lebih besar ketimbang daya yang masuk untuk pengisian kembali.
  5. Kendaraan yang didiamkan lebih dari 5 hari ini dapat menyebabkan aki lemah dan pengisian menjadi kurang stabil, maka usahakanlah motor sering digunakan atau setidaknya dihidupkan/dipanaskan saat jarang dipakai.
  6. Untuk pertama kali memanaskan mesin di pagi hari menggunakan kick starter. jangan khawatir bro, kalau sulit starter Satria Injeksi bro yang kompresinya aduhai bikin betis bengkak ala gajah,... pakai aja starter tangan,.. amaan broo,...
  7. Usahakan selalu hindari goncangan fisik yang berlebihan, misalnya memacu motor pada kondisi jalan rusak, Goncangan berlebihan beresiko merusak sel-sel dalam aki. 
  8. Pantau cap kabel terminal aki, pastikan dalam keadaan tertutup, jaga dari kelembaban yang dapat menyebabkan korslet. 
  9. Saat menstarter elektrik, jika 1-2 kali tekan mesin tidak mau hidup, jangan biasakan ditekan terus menerus. Usahakan beri jeda beberapa waktu sebelum mengulanginya kembali. Pake satria? aman deh,.. gak bakalan terjadi yang beginian selama aki aman, sekali tekan,.. josss...
  10. Mintalah mekanik bengkel resmi untuk memeriksakan voltase bro n sis, sekaligus melakukan charge saat servis di bengkel resmi Suzuki

Jika bro n sis rutin membiasakan cara-cara diatas, niscaya usia aki kering motor bro akan awet, bahkan bisa sampai 3 tahun, lho bro.... 

Nyalakan Nyali,....
Suzuki Motor Manado

0 komentar:

Posting Komentar

Suzuki Motor Manado. Diberdayakan oleh Blogger.

Silahkan Like dulu Bro and Sis

Popular Posts

Blog Archive